Minggu, 28 Desember 2008

Syarat Sebelum Nikah


Syarat sebelum menikah.
1. Harus sudah kenal dgn pasangan anda.
Masuk akal nggak neh? Nggak mungkin kan menikah dengan orang yang kita belum kenal. Minimal tau nama deh,.. Datuk maringgih dan siti nurbaya yang di jodohin aja udah saling kenal. Tapi kenal ini memang bisa jadi bumerang jg. Buktinya karena kenal, siti nurbaya menolak untuk nikah dengan Datuk maringgih. Syarat ini HARUS dimiliki sebelum menikah. Kalo udah kenal lama terhadap pasangan dan keluarga pasangan, itu lebih bagus lagi. Proses menuju pernikahan akan lebih lancar,..
2. Sudah pernah ngobrolin tentang pernikahan dengan pasangan dan Berani untuk bertanya ato menjawab pertanyaannya.
Nggak lucu kan kalo tiba2 lo pulang ke rumah langsung di suruh duduk di pelaminan. Minimal hubungan yang sedang/akan lo jalin dengan pasangan lo sudah mempunyai arah. Komunikasi adalah kuncinya. Siapa tau yang pengen nikah itu cuma lo doang hahahaha,..
Jd komunikasikan terlebih dahulu setelah anda kenal dengan pasangan anda,..
Awal dari obrolan itu kira2 seperti ini,
sayang, kapan kita mo nikah? ato sayang kamu mo nikah ama aku nggak? ato Nak, kapan kamu mau nikah? dan yang perlu di waspadai adalah heh! kapan lo mo nikahin anak gue??!!?
Sebelum ada percakapan ke arah itu, pasti awalnya dari sebuah pertanyaan. Dari anda ato dari pihak pasangan. Kumpulin semua keberanian untuk menjawab ato bertanya ke pasangan anda.
3. Mempunyai rasa sayang terhadap pasangan anda, dan mengerti tentang dia.
Nikah dengan orang yang tidak kita sayangi tu pasti sucks. Untuk nikah, WAJIB mempunyai rasa sayang. Dan ngertikanlah pasangan anda. Karena memang tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Dengan rasa sayang, mungkin pengertian itu jadi lebih masuk akal. Tapi kata om gue yah, nikah aja dulu. Ntar rasa sayang itu nyusul. Masa seh? emang ada gitu? kalo memang ada seperti itu, ya skip aja point ini dan lanjut ke point berikutnya.
4. Mempunyai income pribadi untuk hidup dan duit untuk nikah.
Kalo nikahnya biaya pribadi, biasanya rasa memiliki hubungan itu menjadi semakin tinggi. Dari pada dibayarin bonyok lu nikah. Rasa memilikinya menjadi kurang. Bukan berarti kalo nikah dibayarin itu jadi tidak harmonis yah. I mean come on,.. duit sendiri rasanya lebih afdol getoh,..
Nah ada teman gue yang udah nikahnya di bayarin bonyok, trus biaya kehidupan bulanannya juga di bayarin bonyoknya. Jangan ampe gitu deh. Tunjukkan kalo kita si pasangan yang sudah nikah itu mampu untuk berdiri sendiri. Umumnya kalo udah nikah tu yah, rezeki jadi lebih lancar. Terbukti dengan beberapa teman di lingkungan gue. Tapi ada juga yang tidak mau menikah karena belum mapan. Aih,.. kalo nunggu mapan mah ntar ce/co lu di ambil orang!!! Masih mending orang nggak jadi/mau nikah karena nggak ada duit. Karena kalo nggak ada duit itu masih ada solusinya. Tapi kalo belum mapan? ck ck ck ck,.. ampe kiamat jg manusia nggak bakal mapan2 kaleee,… come on,..
Mulailah untuk menabung. Siapa tau kalo nggak jadi nikah, tabungannya kan bisa buat naek haji getoh,..
5. Menikah dengan niat yang baik dan Komitment yang mantabz
Sebelum menikah kita juga perlu niat, tujuan dan komitment. Karena kalo nikah dengan niat yang jelek, bisa2 ntar rumah tangganya jadi berantakan. Nggak mungkin kan kita nikah karena mo mamerin pasangan ke temen2 kantor ato temen2 nongkrong. Ato tujuan nikahnya nggak begitu jelas juga bisa membuat hubungan rumah tangga jadi jelek. Kenapa? karena waktu antar pasangan sedang berantem, biasanya kata2 ini keluar “gue nikahin lo karena gue kasihan ama lo tau nggak!!!”. Yeah,.. alasan di awal itu akan keluar dengan sendirinya. Sangat menyakitkan pasangan anda apabila dia tau anda tidak nikah dengan tujuan yang jelas. Nah dengan ber komitmen, kita bisa menerima pasangan dengan apa adanya. Apabila dia sudah tidak cantik lagi, dengan berpegang terhadap komitment kita masih bisa tetap untuk mau melihatnya. Apabila mempunyai keturunan yang cacat, dengan komitment, kita masih bisa menerima cobaan tersebut dengan lapang dada,.. Alasan untuk menikah itu di awal aja, setelah menikah ya berkomitmen lah yawww,..
Temen gue ada yang bilang gini.
Dalam hubungan itu yah, si wanita cukup mempunyai perasaan cinta yang kecil, tapi pengertian yang besar. Sementara si co, harus mempunyai perasaan cinta yang besar tapi pengertian yang kecil. Kenapa? wah gue juga nggak tau kenapa, waktu lagi ngobrolin masalah ini tiba2 teman gue yang bilang itu dapet telp dari bosnya,..
Tapi menarik juga untuk di pikirin kan?
Setelah syaratnya udah terpenuhi, sekarang nentuin hari H nya. Biasanya dalam proses ini bakal ada deh beberapa cobaan.
1. Orang tua tidak setuju
Nah kalo orang tua tidak setuju, coba cari informasi lebih jauh kenapa2nya. Karena, tantangan sebelum menikah itu yah meyakinkan calon mertua untuk menerima anda. Apabila udah mentok, ya kawin lari aja deh. Ntar kalo udah punya anak, mertua lo bakal deket lagi ama lo. Orang tua mana yang nggak mau liat cucunya? Bener nggak?

2. Di pecat dari pekerjaan
Dont worry be happy,.. Lo mo nikah geto loch,.. kan gue udah bilang di atas tadi,.. Kalo udah nikah itu yah, rezeki nya jadi lebih luas,.. jadi nggak usah takut, dan jangan bikin ini jadi alasan.
3. Beda agama
Hal ini masih sering terjadi sebelum proses nikah. Pasangan akan keukeh dengan agama yang di percayainnya, sementara orang tua menuntut untuk se-iman. Kalo ini berat neh,.. gue nggak tau harus gimana,.. Tapi aneh jg yah kalo udah mo nentuin hari H, baru nyadar kalo pasangannya ternyata beda agama,.. hehehe,..
4. Perasaan cinta itu tiba2 hilang. Ato si pasangan ketauan belangnya
Tinggalin aja deh. Cari yang baru lagi. Jodoh mah nggak bakal kemana2,..
5. Ternyata pasangan anda satu jenis kelamin dengan anda
Cinta dan kasih sayang itu nomer satu. Jenis kelamin nomer dua,..
Hmm,.. apa lagi yah,..
Cuma itu yang kepikiran ama gue,..
ada yang mo nambahin nggak?
Owh iya!!
Teman gue juga ada yang bilang gini,
Bay, mencari pasangan buat nikah itu sama seperti mo beli rumah. Kita nyarinya yg nyaman buat kita kan,..
Hmm,.. nyaman,..
Dalam beberapa kasus seh bisa aja. Tapi gimana kalo ternyata sertifikat tanahnya palsu? hehehe u know what i mean,..
Masih ada juga seh beberapa teman2 gue yang terlalu banyak mikirin nikah… Semakin dipikirin, semakin pusing dan bingung. Kenapa nggak ambil satu keputusan, dan pertanggung jawabkan keputusan itu.
Sederhana kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar